DETAIL BERITA
Banjarmasin – Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut komunikatif dan profesional dalam memberikan pelayanan. Upaya perbaikan kualitas pelayanan publik saat ini juga menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk pemberian layanan publik kepada masyarakat masyarakat
Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, Dr Muhammad Akbar menegaskan, pelayanan publik kepada masyarakat khusus nya kepada civitas akademika harus dilakukan secara profesional, efektif dan efesien. Sehingga para pemangku kepentingan dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan merasa terpuaskan dengan layanan yang diberikan.
“Memberikan layanan yang baik adalah tugas kita. Layanan itu bersifat administratif seperti layanan kepegawaian, sumberdaya, akademik dan kelembagaan. Tentunya muara dari layanan yang baik ini akan memberikan dampak pada tugas dan fungsi LLDIKTI yaitu memfasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi,” jelas Dr Muhammas Akbar saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Pelayanan Prima, Budaya Kerja dan Akuntabilitas Kinerja di Kantor LLDIKTI Wilayah XI, Banjarmasin, Kamis (8/8).
Dr muhammad Akbar mengatakan, pelayanan publik yang baik didukung dengan budaya kerja yang baik. Orientasi untuk melayani juga harus menjadi agenda perubahan.
“Pada sosialisasi hari ini kita mengangkat tiga tema besar yaitu Budaya kerja, Pelayanan Prima dan Akuntabilitas kinerja. Tiga tema ini tidak terlepas dari agenda Kemenristekdikti yaitu Reformasi Birokrasi. Reformasi birokrasi mempunyai beberapa peta jalan. Tiga diantara nya memuat 3 hal tersebut yaitu manajemen perubahan, manajemen pelayanan publik dan manajemen akuntabilitas,” jelasnya.
Ia juga menginformasikan bahwa Kantor LLDIKTI Wilayah XI sudah memiliki Unit Layanan Terpadu (ULT). Semua tamu yang melakukan urusan administratif atau memerlukan layanan yang lainnya harus melewati ULT.
"LLDIKTI Wilayah XI telah memiliki Unit Layanan Terpadu atau ULT. Ini merupakan salah satu action atau quick win kami dalam implementasi reformasi birokrasi khususnya pada peta jalan manajemen pelayanan publik. Tidak lain ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada civitas akademika dan pihak yang terkait. Akan tetapi layanan ULT akan terus dibenahi dan terus ditingkatkan agar memberikan kepuasan," ungkap sekretaris lembaga ini.
Ia juga berharap agar seluruh peserta yg mengikuti sosialisasi ini dapat mengambil ilmu dan menerapkan pada lingkungan kerja.
"Saya berharap kita dapat mengimplementasikan ilmu yang diberikan oleh narasumber pada hari ini," Tutup Dr M Akbar dalam sambutannya.
Sosialisasi Budaya Kerja, Pelayanan prima dan Akuntabilitas kinerja ini diikuti oleh pegawai dari setiap unit yang ada di LLDIKTI Wilayah dengan menghadirkan tiga narasumber Tim Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti yaitu Kepala Biro Keuangan dan Umum Kemenristekdikti, Moch Wiwin Darwina. Kepala Bagian Akuntabilitas dan pelaporan, Arnold Achdijalsjah dan Kepala Sub Bagian Komunikasi Internal dan Layanan Informasi Publik, Dinna Handini.
Humas LLDIKTI Wilayah XI